Pemerintah dan Masyarakat Humbahas Gelar Ibadah Paskah 2024

Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) bersama masyarakat melaksanakan Ibadah Perayaan Paskah Tahun 2024 di Aula Hutamas Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul, Rabu (3/4/2024).

topmetro.news – Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) bersama masyarakat melaksanakan Ibadah Perayaan Paskah Tahun 2024 di Aula Hutamas Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul, Rabu (3/4/2024).

Dengan tema Perayaan Paskah, ‘Hidup Sebagai Alat KebenaranNya’ (Roma 6:13), Bishop GKPI Pdt. Abdul Hutauruk MTh dalam khotbahnya menyampaikan agar masyarakat Humbang Hasundutan sebagai alat kebenaran Tuhan menyangkal diri sehingga hawa nafsu duniawi bisa dikalahkan.

Sebagai alat kebenaran Tuhan seorang abdi negara akan menjalankan tugas dan fungsinya sesuai kehendak Tuhan. Dimampukan untuk memerdekakan orang-orang yang terkekang, dimampukan untuk memerdekakan masyarakat Humbang Hasundutan dari keterpurukan. Humbang Hasundutan bisa terbebas dari masalah narkoba, masalah HIV/AIDS, kemiskinan dan lainnya. Paskah adalah jarak dari rintangan, melalui rintangan dan menang.

“Dan satu hal, sebagai alat Tuhan maka Tuhan akan memaafkan berkat bagi kita. Contohnya dalam Mazmur 37:25-26, ‘Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar-benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti; tiap hari ia menaruh belas belas belas kasihan dan memberi pinjaman, dan anak cucunya menjadi berkat,” kata Bishop.

Pada kesempatan itu, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE menyampaikan Selamat Paskah, semoga Perayaan Paskah membawa kebahagiaan, kedamaian, pengharapan dan keselamatan bagi semua manusia.

“Kebangkitan Yesus Kristus berdaya sentuh memberikan kemenangan dan harapan kepada umatNya. Kita tidak lagi merasa takut karena kemenangan terjamin untuk hidup dalam menghadapi segala tantangan. Paskah menunjukkan cinta kasih, anugerah dan kuasa yang diberikan Tuhan kepada hambaNya,” katanya.

Dalam Perayaan Paskah Tahun 2024 ini diharapkan seluruh masyarakat di Humbang Hasundutan memberi perhatian atas isi pesan Paskah 2024 oleh PGI, yang bertemakan, ‘Hidup sebagai alat kebenaran-Nya’.

“Tema ini mengajak kita semua untuk mengintrospeksi diri tentang tugas dan tanggung jawab kita sebagai pengikut Kristus. Dengan tugas dan tanggung jawab dalam profesi kita dalam masyarakat, mari kita saling bergandeng tangan dan saling membantu dalam kehidupan kita sehingga terwujud Kabupaten Humbang Hasundutan yang maju dan bermentalitas unggul,” katanya.

“Tentu kita belum lupa bahwa beberapa waktu yang lalu saudara-saudara kita mengalami bencana alam yang sampai merenggut nyawa dan harta benda mereka. Kesedihan, rasa takut dan kuatir belum hilang sepenuhnya dari masyarakat yang mengalami musikbah. Peristiwa itu juga dapat membuat mereka kehilangan pengharapan. Namun pada momen paskah ini, diharapkan mereka pun dapat bangkit kembali untuk menjalani kehidupan yang lebih baik,” lanjut Bupati.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Labuan Sihombing dalam sambutannya menyampaikan dengan perayaan Paskah ini manusia kembali diingatkan untuk saling mencintai satu dengan yang lain, sebagaimana sudah menyelamatkan Yesus Kristus.

Perayaan Paskah Tahun 2024 ini dilaksanakan dengan sederhana, diisi dengan koor dari berbagai gereja dan sekolah serta diisi duet oleh artis serta pencipta Lagu Batak, Dompak Sinaga dan Meta Sinaga.

Pertemuan ini menghadirkan pendeta dari denominasi gereja-gereja, Forkopimda, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE, Wakil Bupati Dr Oloan Paniaran Nababan SH MH, Wakil Ketua DPRD Labuan Sihombing, Dandim 0210/TU diwakili Pabung Ojak Simarmata, Kapolres Humbahas diwakili Kabag SDM Kompol Norman Sihite, Kajari Humbahas diwakili Kasi Intel Gerry Anderson Gultom SH, Ketua TP PKK Humbahas Lidia Dosmar Banjarnahor, Pj Sekda Chiristison Rudianto Marbun, tokoh adat/masyarakat, pimpinan OPD, camat, kepala desa, dan lainnya.

reporter | SM Pakpahan

Related posts

Leave a Comment